Minggu, 13 Januari 2013

MAKALAH DASAR - DASAR KEPENDUDUKAN


MAKALA
DASAR – DASAR KEPENDUDUKAN
“keluarga berencana”




DISUSUN
OLEH :
KHOIRUL ANISA

PRODI : S1 KESEHATAN MASYARAKAT
STIkes PAYUNG NEGERI PEKANBARU
TA.2011/2012






KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME atas limpahan nya rahmad dan karunia nya kepada penulis , sehingga dapat menyelesaikan makala KEPENDUDUKANi yang berjudul “KELUARGA BERENCANA“ ini dengan lancar .Penulis makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang di berikan oleh dosen mata kuliah KEPENDUDUKAN
Makalah ini ditulis dari hasil penyusunan data- data sekunder yang penulis peroleh dari buku panduan yang berkaitanan dengan “sefalosporin “ , serta informasi dari media masa yang berhubungan dengan “KELUARGA BERENCANA DAN SOLUSINYA“.
Penulis harap, dengan membaca makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua , dalam halini dapat menambah wawasan kita mengenai “KELUARGA BERENCANA SOLUSI DAN KASUSNYA “ .Khusus nya bagi penulis. Memang makalah ini jauh dari sempurna , maka penulis mengharap kan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan menuju arah yang lebih baik.






 BAB 1
PENDAHULUAN


A. Latar belakang
       Keluarga Berencana (KB) adalah istilah yang mungkin sudah lama anda kenal. KB artinya mengatur jumlah anak sesuai kehendak Anda, dan menentukan sendiri Kapan Anda ingin hamil.Bila Anda memutuskan untuk tidak segera hamil sesudah menikah, Anda bisa ber-KB.LayananKB di seluruh Indonesia sudah cukup mudah diperoleh. Ada beberapa metoda pencegahankehamilan, atau penjarangan kehamilan,atau kontrasepsi, bisa Anda pilih sendiri.Tak seorang pun boleh memaksa Anda mengikuti program KB. tak seorang pun bisamenggunakan alat KB tertentu bila itu bukan pilihan Anda. Tetapi kalau alat yang Anda pilih bisamembahayakan diri Anda sendiri atau, memperparah penyakit yang sudah anda derita, pekerjakesehatan mungkin menyarankan alat lain yang mungkin lebih aman. Meskipun tidak adapaksaan, bila Anda telah mengerti risiko-risiko yang mengancam kesehatan atau bahkankeselamatan Anda sendiri sehubungan dengan kehamilan dan persalinan, selayaknya Andamengikuti program KB atas kesadaran sendiri. Bacalah penjelasan di bawah ini.
Ø  Manfaat-manfaat KB
Setiap tahun, ada 500.000 perempuan meninggal akibat berbagai masalah yang melingkupikehamilan, persalinan, dan pengguguran kandungan (aborsi) yang tak aman. KB biasa mencegah sebagian besar kematian itu. Di masa kehamilan umpamanya, KB dapat mencegah munculnya bahaya-bahaya akibat :
Kehamilan terlalu dini
     Perempuan yang sudah hamil tatkala umurnya belum mencapai 17 tahun sangat terancam olehkematian sewaktu persalinan. Mengapa? karena tubuhnya belum sepenihnya tumbuh; belumcukup matang dan siap untuk dilewati oleh bayi. Lagipula, bayinya pun dihadang oleh risikokematian sebelum usianya mencapai 1 tahun.
Kehamilan terlalu “telat”
     Perempuan yang usianya sudah terlalu tua untuk mengandung dan melahirkan terancam banyakbahaya. Khususnya bila ia mempunyai problema-problema kesehatan lain, atau sudah terlalusering hamil dan melahirkan.
Kehamilan-kehamilan terlalu berdesakan jaraknya
      Kehamilan dan persalinan menuntut banyak energi dan kekuatan tubuh perempuan. Kalau iabelum pulih dari satu persalinan tapi sudah hamil lagi, tubuhnya tak sempat memulihkan kebugaran, dan berbagai masalah bahkan juga bahaya kematian, menghadang

Terlalu sering hamil dan melahirkan
     Perempuan yang sudah punya lebih dari 4 anak dihadang bahaya kematian akibat pendarahanhebat dan macam-macam kelainan lain, bila ia terus saja hamil dan bersalin lagi.Jutaan perempuan di seluruh dunia selama ini sudah menggunakan metoda-metoda KB yangkami paparkan dalam halaman-halaman berikutnya. Malahan metoda-metoda itu lebih amanketimbang hamil dan bersalin.

Bila Anda memilih untuk tetap ber-KB
      Sebagian perempuan menginginkan banyak anak – khususnya di tengah-tengah masyarakat-masyarakat yang miskin, tak memperoleh pembagian tanah yang adil, sumberdaya kurang, dankeuntungan social tipis. anak-anak membantu pekerjaan orangtua sehari-hari, dan merawatmereka di usia lanjut. di banyak tempat, jumlah anak yang sedikit dianggap sebagai kemewahan(hanya orangtua yang berkecukupan saja yang mampu mengurangi jumlah anak).
Tetapi sebagin perempuan lain menganggap bahwa anyaknya anak justru makin memiskinkankeluarga, dan mempersualit pengentasan nasib mereka. banyak orangtua yang sedih danmenyesal karena kebanyakan anak; tidak mampu memberi mereka penghidupan yang layak; takmampu menyekolahkan mereka sampai jenjang yang tinggi, dan akibatnya anak-anak mereka itutak mendapat peluang memperbaiki generasi mereka.Umumnya perempuan yang menghendaki pembatasan jumlah anak adalah perempuan yangsudah punya kesempatan belajar dan mencari nafkah sendiri, serta statusnya cukup setaradengan laki-laki dalam masyarakatnya.Yang jelas, tak peduli di manapun (dalam masyarakat apapun) Anda berada, Anda akan lebihsehat, dan melahirkan anak-anak yang jauh lebih sehat, bila Anda memegang kendali ataspenentuan
berapa banyak anak yang akan anda miliki, dan kapan akan hamil.
   Mungkin Anda sudah mengalami sendiri desakan-desakan dari segala penjuru untuk ber-KB atausebaliknya agar jangan ber-KB. Memang nasihat-nasihat orang lain bisa diambil manfaatnya,tetapi.

mau ber-KB atau tidak, sepenuhnya adalah keputusan Anda sendiri.
    Kalau Anda sudah mengambil keputusan akan ber-KB, kini tiba saatnya memilih metoda yangpaling cocok. Agar Anda mampu memilih dengan tepat, Anda harus mempelajari untung-rugi tiapmetoda lebih dahulu.
Ada 5 corak metoda KB:

1.      Metoda perintang
yang bekerja dengan cara mengahlangi sperma dari pertemuan dengan sel telur (merintangi pembuahan).

2.              Metoda hormonal
yang mencegah indung telur mengeluarkan sel-sel telur, mempersulitpembuahan, dan menjaga agar dinding-dinding rahim tak menyokong terjadinya kehamilan yangtak dikehendaki.

3.      Metoda yang melibatkan alat-alat yang dimasukkan ke dalam rahim (IUD),
gunanya untukmencegah pembuahan sel telur oleh sperma.

4.      Metoda alamiah
, yang membantu Anda mengetahui kapan masa subur Anda, sehingga Andadapat menghindari hubungan seks pada masa itu.

5.      Metoda permanen
, atau metoda yang menjadikan Anda taua pasangan Anda tidak bisa lagimemiliki anak untuk selamanya; lewat suatu operasi.

Ø  Beberapa Metode Penggunaan Kondom

Metoda Perintang
     Metoda perintang ini bekerja dengan cara mengahalangi sperma supaya jangan sampai betemu dengan sel telur. Metoda ini tidak mengubah cara kerja tubuh perempuan maupun pasangannya. Efek samping sangat sedikit. Aman buat ibu yang sedang menyusui. Sebagian besar juga melindungi dari penularan berbagai penyakit melalui hubungan seksual, termasuk HIV/AIDS. Bila Anda ingin hamil, yang harus Anda lakukan hanyalah berhenti memakai metoda ini begitusaja. Yang paling banyak digunakan adalah kondom (untuk lelaki), kondom perempuan, diafragma serta spermisida.

Kondom (untuk laki-laki)
     Kondom berujud kantong kecil yang lonjong, terbuat dari karet. Cara pemakaiannya membungkus penis lelaki ketika berhubungan seks. Bila air mani keluar, sperma tetap berada didalam kantong ini, tidak muncrat ke dalam vagina perempuan. Akan lebih baik jika khasia tkondom ini dibarengi dengan pemakaian spermisida. Kondom yang terbuat dari lateks (bahan pembuatnya tertulis di kemasan kondom itu) sangat baik untuk melindungi Anda dari penularan penyakit melalui hubungan seks, termasuk HIV/AIDS.Aman dipakai begitu saja atau dipadukan dengan metoda-metoda lain. Anda bisa memperoleh kondom ini di berbagai tempat pos pelayanan KB (klinik KB), puskesmas, Rumah sakit, apotek, took obat bebas, program-program pencegahan AIDS (misalnya PKBI). Sebagian laki-laki bisa lebih “tahan lama” selama berhubungan seks ketik amemakai kondom.

Ketika membuka bungkus kondom (bungkus dalam biasanya dari plastic), hati-hatilah. Jangan sampai kondom sobek atau bagian dalamnya kering (kondom yang masih baik terasa licin dan basah),  jangan dipakai. Begitu juga jangan memakai kondom yang terasa lengket di tangan atau merekat pada bungkus plastiknya. Sekali lagi kondom harus dikenakan ketika penis sudah mengeras, tetapi harus sebelum penis menyentuh alat kelamin perempuan. Bila penis sudah menyentuh alat kelamin perempuan atauke vagina sebelum memakai kondom, kondom ini takkan banyak berguna, karena kehamilan atau penularan penyakit masih bisa terjadi sekalipun tidak terjadi pengeluaran air mani/ejakulasi. Ingat!!Selalu gunakan kondom tiap kali berhubungan seks. Bila mungkin selalu gunakan kondom yang terbuat dari lateks, bahan ini sangat baik untuk melindungi dari HIV/AIDS. kondom yang terbuat dari kulit domba sebaiknya jangan dipakai, karena tidak melindungi diri dari HIV/AIDS.

     Simpan kondom yang belum dipakai di tempat yang sejuk, kering, jauh dari sinar matahari (misalnya dalam lemari). Bila pembungkusnya kelihatan sudah lama atau rusak buang saja. Kemungkinan besar kondomnya sudah jelek, atau mudah sobek. Satu kondom hanya boleh dipakai 1 kali saja percuma memakai satu kondom lebih darisekali, kemungkinan akan sobek atau bocor. Supaya kondom lebih aman dari bahaya sobek atau bocor, Anda bisa memakai bahan pelumas. Pelumas harus terbuat dari bahan-bahan yang berdasarkan air. Misalnya air ludah, spermisida, atau jeli K-Y. Oleskan pelumas pada kondom dalam keadaan sudah terpasang pada penis.

pelumas yang harus dihindari :
•minyak goreng
•minyak untuk bayi (baby oil yang biasanya dijual dalam botol merek apa pun)
•minyak mineral
•getah minyak tanah (vaselin minyak tanah)
•krim/losyen kulit (hand & body lotionmerek apa pun)
•mentega/margarinsemua bahan pelumas di atas malah akan menyobek atau membocorkan kondom.Mungkin pasangan Anda enggan memakai kondom, tetapi Anda dapat membujuknya denganmenyatakan kegunaannya, dan pentingnya dalam melindungi diri dari penyakit menular,termasuk HIV/AIDS.

Ø  Kondom untuk perempuan.
             Kondom untuk perempuan juga berguna untuk menghalangi pertemuan antara sperma denga nsel telur. Caranya menutupi saluran vagina sampai ke bibir luarnya. Kondom ini bisa Anda kenakan kapan saja sebelum berhubungan seks. Seperti juga kondom lelaki,
sebaiknya 1 kondom perempuan hanya dipakai 1 kali. Tapi kalauterpaksa tak ada persediaan lainmasih lebih baik memakai kondom perempauan dua kali ketimbang tanpa kondom sama sekali. Kondom ini adalah alat paling ampuh untuk manangkal kehamilan maupun penularan penyakit lewat hubungan seks, yang dikendalikan oleh perempuan sendiri
(kalau kondom lelaki tentu harus dengan peran aktif lelaki yang bersangkutan). Sebaiknya kondom perempaun tidak dipakai bersamaan dengan kondom lelaki
.Mungkin metoda KB ini kurang popular di Indonesia, dan masih sulit diperoleh. Namun bilaterdapat cukup banyak permintaan, tentu akan lebih banyak program KB yang mencakup metodaini.

 Diafragma
 Diafragma berbentuk seperti mangkok ceper, terbuat dari karet lunak. Alat ini bekerja dengancara menutupi mulut rahim, sehingga sperma meski mungkin tetap masuk ke vagina, tak bisameneruskan perjalanan ke rahim. Jeli spermisida yang dioleskan akan membunuh sperma,sekaligus melindungi Anda dari kuman penyebab gonorrhea dan Chlamydia.

Ukuran diafragma bermacam-macam. Beberapa pos pelayanan KB, puskesmas, dan rumah sakitmemilikinya. Untuk mengetahui ukuran yang paling tepat untuk Anda tanyakan pada pekerjakesehatan yang terlatih, yang bisa melakukan pemeriksaan pelvis.

Diafragma bisa dicuci dan dipakai berkali-kali.
Tapi kalau sudah lebih dari 1 tahun, sebaiknya jangan dipakai lagi. Sering-seringlah memeriksakan diafragma Anda. Kalau bolong,kering atau keras, gantilah dengan yang baru.

Bila Anda memakainya dengan spermisida, bisa dikenakan segera sebelum berhubungan seks,atau sejak 6 jam sebelumnya.

Spermisida
 Spermisida memiliki bermacam-macam bentuk:
•busa
•tablet
•krim atau jeli

Cara memakainya adalah mengoleskan ke dalam vagina sebelum berhubungan seks. Spermisida membunuh sel-sel sperma lelaki sebelum sempat memasuki rahim. Dengan bahanbernama
nonoxynol-9,obat ini juga melindungi diri Anda dari gonorrhea dan Chlamydia.

 Spermisida tidak terlalu ampuh bila hanya digunakan sendirian tanpa bantuan alat lain. Ialebih berkhasiat bila dipakai sebagai tambahan perlindungan pada diafragma atau kondom. Obatini bisa dibeli di apotek atau took obat.

Efek samping:
Beberapa perempuan yang memakainya mengeluh gatal-gatal atau lecet dalam vagina.

Kapan memasukkan Spermisida? 
Bila spermisida langsung dipakai dalam vagina, dalam bentuk tablet, masukkan 10 sampai 15menit.

menjelang
berhubungan seks. Spermisida dalam bentuk busa, jeli, atau krim sebaiknyadioleskan
persisi sebelumberhubungan seks.

.Bila Anda memasukkan spermisida ke dalam vagina, tapi sudah lebih dari 1 jam berlalu dan hubungan seks belum berlangsung juga, tambahkan lagi tabletnya. Jika Anda melakukanhubungan seks berkali-kali secara berurutan, tambahkan spermisida setiap kali.

Ø  Metoda KB hormonal
 Metoda KB hormonal memakai obat-obatan yang mengandung 2 hormon, estrogen danprogestin. Keduanya serupa dengan hormone-hormon alamiah yang dihasilkan tubuh Anda,yakni estrogen dan progesteron.

Dalam metoda hormonal terdapat 3 jenis alat KB yang bisa Anda pilih:

1.      Pil pengendali kehamilan, yang harus diminum setiap hari
2.      Suntikan, yang diberikan setiap beberapa bulan sekali
3.      Susuk, yang biasanya dimasukkan ke dalam lengan anda dan tahan sampai beberapa tahun.

 Perbedaan antara metoda hormonal dengan metoda perintang adalah : metoda hormonalmengubah proses kerja tubuh Anda, sedangkan metoda perintang tidak. Dengan metodahormonal indung telur (ovarium) Anda dihalangi sehingga tidak melepas sel telur ke dalam rahim.Selain itu metoda ini juga menyebabkan lender di mulut rahim menjadi sangat kental, sehinggamenghalangi sperma bila hendak masuk.

Kebanyakan pil KB dan beberapa suntikan mengandung hormone progestin dan estrogensekaligus. ini namanya pil atau suntikan
terpadu. Kedua hormone itu sama-sama bekerjamemberi perlindungan yang bagus pada Anda, agar tidak hamil. Namun bila ada masalah-masalah kesehatan tertentu, sebaiknya Anda janagn memakai metoda terpadu. Bila Anda sedang menyusui, sebaiknya juga  jangan menggunakan pil atau suntikan terpadu ini.

Pil progestin, susuk, dan beberapa suntikan lain, tidak mengandung estrogen. Progestin saja(tanpa estrogen) lebih aman ketimbang pil atau suntikan terpadu, bila Anda mengalamiproblema kesehatan yang berhubungan dengan estrogen, atau Anda sedang dalam masamenyusui bayi.

Anda harus menghindari metoda KB hormonal apapun bila  :

•  Anda mengidap kanker payudara atau punya benjolan keras di payudara
• Metoda KB hormonal tidak menyebabkan kanker tetapi bila Anda sudah mengidapkanker   sebelumnya, metoda ini bias memperparah penyakit Anda.
•   Anda hamil, atau telat haid
• Anda mengalami pendarahan yang abnormal dari dalam vagina, selama 3 bulan sebelummemulai penerapan metoda KB hormonal ini.

Periksa dahulu tiap metoda hormonal, apakah aman buat Anda.
Bila Anda memilki masalah-masalah yang sudah disebutkan di atas, tetapi tetap niat memakai metoda KB hormonal (umpamanya jika suami Anda jelas-jelas melarang Anda ber-KB dan Anda ingin ber-KB tanpasepengetahuannya), hubungi pekerja kesehatan terdekat yang sudah terlatih di bidang KBhormonal.

Pil KB terpadu : mengandung estrogen dan progestin
Bila Anda meminum Pil Kb setiap hari sesuai anjuran, Anda akan terlindung dari kehamilan yangtak dikehendaki selama seluruh waktu siklus bulanan Anda. Tiap pos pelayanan KB menyediakanpil ini, demikian pula puskesmas, rumah sakit, apotek, dan toko obat.Ada banyak merek pil KB. Seharusnya Anda menerima “pil dosis rendah”. Arinya, pil yangmengandung estrogen sebesar 35 mikrogram (mcg) atau kurang dari itu, ditambah 1 miligram(mg) progestin atau kurang dari itu. jangan memakai pil yang mengandung lebih dari 50 mikrogram estrogen.

Begitu Anda memilih metode ini, untuk selanjutnya pakailahmerek yang sama. kalau mungkinbelilah dalam jumlah yang banyak sekaligus. Bila terpaksa harus berganti merek, carilah yangisinya sama dan dosisnya sama dengan merek terdahulu. efek sampingnya akan berkurang, danperlindungan akan lebih baik.

Jangan memakai metoda pil terpadu (estrogen+progestin) bila:

•Anda memiliki problema kesehatan apapun yang sudah disebutkan dalam bagianterdahulu (TBC,Kejang, kanker payudara, benjolan payudara, telat haid, hamil,pendarahan abnormal, dsb).
• Anda mengidap hepatitis atau kulit dan mata Anda menguning.
• Anda pernah menunjukkan gejala-gejala strok, kelumpuhan atau penyakit jantung.
• Anda pernah mengalami penggumpalan darah di pembuluh kaki atau otak. Biasanya
Varises tidak menjadi masalah, kecuali bila urat-urat kelihatan merah dan lecet.

Di bawah ini akan kami berikan daftar kondisi perempuan yang sebaiknya menghindari pil KB terpadu.. Tapi seandainya Anda termasuk di dalamnya, tetapi tidak bisa memakai metoda lain,masih lebih baik meminum pil terpadu ketimbang hamil tanpa rencana.

Usahakan menghindari metoda pil terpadu bila.
• Anda biasa merokok dan berusia lebih dari 35 tahun.
• Pil Kb terpadu dapat menyebabkan strok atau serangan jantung bila kondisi Anda sepertiini.
• Anda mengidap diabetes (kencing manis/penyakit gula) atau epilepsy (ayan).
• Bila Anda minum pil KB bersamaandengan obat anti kekejangan, Anda akanmembutuhkan dosis yang lebih tinggi (50 mcg estrogen). Periksakan diri dan tanyakannasihat pekerja kesehatan tentang ini.
• Anda mempunyai tekanan darah tinggi (lebih dari 140/90).
Bila Anda pernah memeriksakan tekanan darah dan diberitahu bahwa tekanan darahAnda tinggi, atau Bila anda berasa mungkin mengidap tekanan darah tinggi, periksalahdiri Anda sekali lagi sebelum memutuskan memakai metoda KB.
Mungkin Anda mengidap tekanan darah tinggi bila :
•kelebihan berat bada (kegemukan)
•sering pusing
•cepat kehabisan nafas/tersengal-sengal
•sering merasa lemah atau kepala serasa berputar (berkunang-kunang)
•merasa nyeri di bahu sebelah kiri atau dada sebelah kiri.

Efek samping Pil KB terpadu:

•Pendarahan tak teratur atau mengeluarkan darah sedikit-sedikit tanpa alasan yang jelas(di luar masa haid Anda yang biasanya).

    Pil KB terpadu sering menyebabkan Anda mengalami haid yang lebih pendek jangka waktunya,dan lebih sedikit darah yang keluar. Ini normal, begitu pula jika bulan ini Anda haid, bulan depantidak, dan bulan berikutnya haid lagi. Ketidakteraturan adalah akibat minum pil KB terpadu. Kalaumuncul bercak-bercak darah secara tak terduga, usahakan minum pil KB Anda pada waktu yangsama setiap harinya.
Bila bercak masih terus ada, kunjungi pekerja kesehatan, tanyakanapakah ia bisa mengubah dosis progestin atau estrogen dalam pil Anda.

• Mual-mual

     sesudah 1 sampai 2 bulan pertama Anda meminum pil secara teratur, biasanya mual-mual takterasa lagi. Tetapi, bila Anda merasa sangat terganggu, cobalah minum pil selagi makan, atauubah jam minumnya. Sebagian perempaun yang memakai metoda ini tertolong setelahmengubah jam minum mereka menjadi sesaat sebelum pergi tidur tiap malam.

• Sakit Kepala

     Di bulan-bulan pertama sejak Anda minum pil terpadu, mungkin akan terasa sakit kepala ringan.Ini umum terjadi. Kalau perlu minumlah obat pereda sakit kepala yang berdosis ringan (tanyakanpada pekerja kesehatan atau petugas apotek). Tapi bila sakit kepala Anda makin lama makinparah, atau disertai pandangan kabur, mungkin ini merupakan tanda bahaya.

Tanda-tanda peringatan adanya problema kesehatan sehubungan dengan pil KB terpadu.

Hentikan pemakaian pil dan segera hubungi pekerja kesehatan bila:

• Anda merasakan sakit yang sangat hebat di salah satu sisi atau seluruh kepala disertaipandangan mengabur atau telinga berdenging (migren) yang terjadi setelah Anda mulaiminum pil terpadu.
•   Lengan atau kaki Anda terasa lemah atau mati rasa.
•   Dada terasa sangat nyeri dan sesak nafas.

•   Anda merasa sakit luar biasa di salah satu kaki/betis.
    Bila salah satu di antara gejala-gejala di atas menimpa Anda, kehamilan akan berbahayauntuk kesehatan Anda. Maka tetaplah ber-KB dengan metoda lain yang lebih aman,misalnya dengan memakai kondom, sampai Anda bisa mendapat layanan KB hormonal yang lebih sesuai, dari pekerja kesehatan di bidang ini.Bagaimana bila Anda lupa minum pil KB?

Kalau lupa minum pil KB, Anda bisa hamil. Bila kelupaan 1 pil (1 hari), seketika minumlah kapanpun Anda ingat (ini berarti ada 1 hari dimana Anda minum 2 pil). Sesudahnya teruskan minum secara teratur seperti biasa.Bila Anda kelupaan minum 2 kali berturut-turut, begitu ingat lagi, cepat minum 2 pil selama 2hari, sesuadahnya teruskan seperti biasa 1 pil sehari. Tapi ingat kalau tidak ingin “kebobolan”,gunakan kondom atau jangan berhubungan seks dulu sebelum Anda sudah meminum 1 pilperhari selama 7 hari berturut-turut sesudah sempat kelupaan tadi.Bila Anda lupa minum pil selama 3 kali atau lebih, maka hentikan minum pil.

Tunggu sampai haid berikutnya dating. Pada masa sisa siklus bulanan Anda, pakailah kondom kalau berhubungan seks, atau jangan melakukannya dulu. Baru kemudian minum lagi dari kaplet yang baru (agar mudah mengingat kapan mulainya).Bila Anda kelupaan minum, atau terlambat minum, mungkin akan ada pendarahan ringan. Ininormal. Tidak harus terpaku pada jam dinding atau arloji untuk meminum pil secara teratur diwaktu yang sama tiap harinya. Anda bisa mencoba minum pil pada saat mengerjakan tugas rutin harian tertentu yang waktunya kira-kira selalu sama. Misalnya tiap kali memasak makan malam, sewaktu Anda melihat matahari terbit, setiap kali mendengar panggilan sembahyang Maghrib,atau sebelum tidur. Usahakan menyimpan kaplet pil anda di tempat yang akan Anda lihat setiaphari.Tapi kalau semua cara itu gagal dan Anda masih juga kelupaan minum pil lebih dari 1 kali perbulan, sebaiknya pakai metoda lain yang tak terlalu menuntut ketepatan waktu.Bila dalam 3 jam sesudah meminum pil Anda muntah, atau mengalami diare yang parah, pil itubelum sempat bekerja dengan baik dalam tubuh Anda. pakailah kondom atau jangan dulu melakukan hubungan seks sampai Anda sudah sehat kembali dan sudah minum pil selama 7 hariberturut-turut.

Bila Anda ingin menghentikan pemakaian pil KB:

Umpamanya Anda ingin hamil atau ingin berganti metodaKB, usahakan untuk berhenti sesudahAnda menghabiskan 1 kaplet penuh. Seketika sesudah Anda berhenti minum, Anda bisa hamilsesudah berhubungan seks.

PIL KB ‘mini’ (hanya mengandung progestin saja).

Bila Anda mengalami efek-efek samping pil KB terpadu, atau memiliki problema kesehatan yangmenyebabkan Anda harus menghindari pil KB terpadu, mungkin Anda masih bisa meminum pilKB ‘mini’ alias pil progestin ini. Tapi khasiatnya jauh lebih kecil ketimbang pil terpadu.Bila Anda sedang dalam masa menyusui, barangkali pil progestin akan manjur, seperti telahdibuktikan oleh banyak pemakainya. pil ini, tidak seperti pil yang mengandung estrogen, tidakmempengaruhi pasokan ASI.Anda dapat memperoleh pil ini di tempat-tempat yang telah disebutkan di muka. untukmengetahui merek-mereknya baca bab berjudul Daftar Obat.
 Yang sebaiknya menghindari pil ini adalah perempuan yang musti menghindari segala jenismetoda KB hormonal, atau yang menjalani pengobatan untuk kekejangan. Khasiat pil progestinakan menurun bila diminum pada saat yang sama dengan pengobatan itu.

Efek-efek samping pil ‘mini’ :        
• Pendarahan tidak teratur atau bercak-bercak darah
Ini merupakan efek samping yang paling umum. Kalau Anda merasa amat terganggu, barangkaliAnda bisa minum ibuprofen untuk membantu menghentikan munculnya bercak-bercak.
• haid tak dating
Ini juga cukup umum, tetapi bila Anda belum juga haid sesudah lewat 45 hari, mungkin Andahamil. Teruskan minum pil Anda sampai sudah dinyatakan positif hamil oleh pekerjakesehatan.
• Kadang muncul sakit kepalaSusuk
Susuk KB terdiri dari 6 tabung yang sangat kecil dan lunak. Cara pemakaiannya dimasukkan kebawah permulaan kulit sebelah dalam lengan. Tabung-tabung kecil tersebut berisi hormonprogestin, jadi cara kerjanya sama dengan pil ‘mini’. Bila pil kadang kelupaan diminum, susuk KBtidak perlu diapa-apakan lagi: sesudah dipasang, alat ini akan mencegah kehamilan selama 5tahun. pada saat buku ini ditulis, baru ada satu merek susuk KB, yakni norplant.
Sebelum Anda mencoba memakai metoda ini, pastikan dulu apakah pekerja kesehatan diklinik atau pos pelayanan KB terdekat sudah terlatih dan bersedia mencopot susuk ituseandainya Anda tidak lagi menghendakinya. Susuk lebih gampang dipasang daripadadicopot; karena itu pekerja kesehatan harus benar-benar terampil.
Bila Anda masih punya masalah dengan hormon estrogen, susuk bisa dipakai; juga aman bagiAnda yang sedang menjalani pengobatan untuk kekejangan. Anda perlu menambah metoda lain(kondom atau difragme) agar khasiat susuk lebih bisa diandalkan.
Sebaiknya jangan memakai susuk KB bila :
• Anda mengidap kanker atau benjolan keras di payudara.
• Anda hamil atau terlambat haid.
• Anda mengalami pendarahan abnormal dari vagina sebelum memakai susuk.
• Anda berpenyakit jantung.
• Anda ingin hamil dalam beberapa tahun mendatang (ingat, susuk mencegah kehamilanselama 5 tahun).
Efek-efek samping yang umum :
Di bulan-bulan pertama mungkin susuk akan menyebabkan pendarahan yang tak teratur (dipertengahan siklus haid Anda), atau jangka waktu haid jauh lebih lama. bisa juga sebaliknya;haid tidak dating. Tapi ini tidak berarti Anda hamil atau mengalami kelainan: pendarahan atauhaid yang tak dating itu disebabkan oleh proses penyesuaian tubuh Anda dengan tambahanprogestin dari susuk. Bila tubuh sudah terbiasa, akan beres dengan sendirinya. Tapi, bila Andamerasa sangat terganggu, mungkin pekerja kesehatan bisa memberikan pil KB terpadu(mengandung progestin dan estrogen) yang harus diminum selagi memakai susuk selamabeberapa bulan. Mungkin Anda akan mengalami sakit kepala sesekali, dan efek-efek samping yang sama denganefek sampingan suntikan progestin.
Bila Anda ingin menghentikan pemakaian susuk :
Meski dirancang untukberjalan 5 tahun, susuk norplant  bisa dilepas sewaktu-waktu, atau kapanpun bila Anda kehendaki. sekali lagi harus kami ingatkan bahwa.
tidak semua pekerjakesehatan mampu melepas susuk KB.
Cek dulu sebelum memasangnya.Setelah susuk dicopot, seketika itu Anda mungkin hamil bila berhubungan seks. Bila belum inginhamil, segera pakai metoda KB yang lain.
Suntikan KB
Dalam metoda ini, Anda menerima suntukan hormon setiap 1 hingga 3 bulan sekali, oleh pekerjakesehatan di klinik KB atau puskesmas. Suntkan KB melindungi Anda dari kehamilan sampai tibawaktunya disuntuk lagi. dan ini merupakan metoda yang sepenuhnya Anda kendalikan; Anda bisamenjalaninya tanpa ada orang yang tahu.Suntikan-suntikan progestin, misalnya Depo Provera atau Noisterat, hanya mengandung hormonprogestin saja. Ini akan aman untuk perempuan yang sedang menyusui atau yang tidak bolehmemakai tambahan estrogen. Suntikan progestin diberikan tiap 2 atau 3 bulan sekali.Bila Anda mengalami kondisi-kondisi yang sudah disebutkan dalam penjelasan tentang pil ‘mini’dan susuk KB, sebaiknya jangan memakai metoda ini. Demikian juga jika suntikan secara teratur dan tepat waktu sulit diperoleh, atau bila Anda ingin hamil di tahun berikutnya.Efek-efek samping yang umum :Diantara metoda-metoda hormonal lainnya, suntikan progestin lebih banyak menyebabkanperubahan-perubahan seputar haid

Efek-efek samping lainnya :
Pendarahan tak teratur atau muncul bercak-bercak besar.
Bercak-bercak yang mengganggu bisa diatasi dengan minum pil KB yang terpadu(progestin+estrogen) bersama suntikan biasa. Kebanyak gejala ini dan pendarahan yang takteratur akan berhenti dengan sendirinya setelah beberapa bulan.
haid tak datang
berat badan bertambahSuntikan terpadu (progestin+estrogen)
Suntikan-suntikan lain, seperti
cyclofem
dan
mesigyna
, mengandung hormon progestin danestrogen sekaligus. Bila Anda ingin haid tak berubah dan tetap teratu, suntikan ini bisamemberikannya. Anda harus mendapatkan suntikan 1 kali perbulan. Sayangnya suntikan ini sulitdiperoleh dan biayanya juga lebih mahal ketimbang suntikan progestin saja.Bila Anda dianjurkan agar jangan minum pil KB terpadu atau suntikan progestin, sebaiknya jangan memakai metoda ini pula.
Jangan
memulai metoda ini ketika Anda sedang dalam masa menyusui.Efek samping sama dengan efek-efek samping pil KB terpadu
Bila Anda ingin mengehentikan suntikan terpadu:
Anda bisa berhenti memakai metoda ini kapan saja. Tapi setelah berhenti, adnda baru bisa hamilssuadah 1 tahun atau lebih; demikian pula haid kembali normal setelah jangka waktu itu.Tapi sebagian perempuan kembali mendapat haid dan sudah hamil dalam jangka waktu yanglebih cepat dari itu. Karenanya, bila Anda belum ingin hamil, sebaiknya gunakan metoda KB lainbegitu berhenti mendapat suntikan.
sumber:
Where Women Have No Doctor: A Health Guide for Women, 1997. The Hesperian Foundation, Berkeley,California

Alat-alat KB yang dimasukkan ke dalam rahim
Ada beberapa jenis alat KB yang bekerja dari dalam rahim untuk mencegah pembuahan sel telur oleh
sperma.
Biasanya alat ini disebut spiral, atau dalam bahasa Inggrisnya
Intra-UterineDevices,
disingkat
IUD.
Tergantung jenis spiral apa yang dipakai, spiral bisa bertahan dalam rahim dan terusmenghambat pembuahan sampai 10 tahun lamanya. setelah itu harus dikeluarkan dan diganti.Bahan spiral yang paling umum digunakan adalah plastic, atau plastic bercampur tembaga.
PENTING!Spiral tidak melindungi Anda dari berbagai penyakit yang menular melalui hubungan

seksual, termasuk HIV/AIDS. Bukan cuma itu saja, spiral akan memperparah penyakitAnda, menyebabkan komplikasi-komplikasi serius, umpamanya radang mulut rahim yangbisa membuat Anda kehilangan kesuburan (mandul). 
Jangan memakai spiral bila Anda :hamil atau kemungkinan hamil
• berisiko tinggi terkena penyakit yang menular lewat hubungan seks (bila Anda punyapasangan seksual lebih dari 1, atau bila suami/pasangan Anda punya pasangan lain).
pernah mengalami infeksi saluran peranakan atau rahim, atau infeksi sesudahpersalinan/sesudah aborsi.
•pernah hamil di luar rahim (hamil dalam saluran fallopian).
•Mendapat haid yang “berat” (darah yang keluar sangat banyak) diserat rasa sakit yanghebat.
•sangat kekurangan darah merah (anemia)
belum pernah hamil.
 Efek-efek samping:Seminggu pertama, mungkin ada pendarahan kecil. Ada perempuan-perempuan pemakai spiralyang mengalami perubahan haid, menjadi lebih ‘berat’ dan lebih lama, bahkan lebih menyakitkan.Tetapi biasanya semua gejala ini akan lenyap dengan sendirinya sesudah 3 bulan.Tanda-tanda peringatan adanya masalah:Problema kesehatan yang paling berbahaya akibat pemakaian spiral adalah terjadinya radangmulut rahim. Kebanyakan ini terjadi pada masa 3 bulan pertama, tetapi umumnya
bukan akibatspiral itu sendiri.
Pada penderitanya
sudah
terkena infeksi ketika spiral dipasang. Inilahsebabnya Anda harus memeriksakan kondisi seputar vagina dan rahim
sebelum
memasangspiral, sehingga kalau ada tanda-tanda infeksi pemasangan spiral bisa dibatalkan. Kalau kondisimulut rahim biasa-biasa saja tapi tak urung Anda terkena radang juga, barangkali pemasangspiral (perawat, bidan, dokter, atau siapa saja di pos pelayanan KB atau puskesmas) tidakmemasang spiral dalam kondisi steril atau benar-benar bersih dan aman. Hati-hatilah memilih dimana saja atau pada siapa meminta layanan ini.
Bila muncul salah satu atau beberapa tanda yang akan kami sebutkan di bawah ini, temuipekerja kesehatan yang terlatih atau segeralah ke rumah sakit :
•Anda terlambat bulan.
•Anda merasa sakit di bawah perut atau di vagina selama berhubungan seks.
•Anda mengalami keputihan yang parah (keluar cairan berbau busuk dari vagina)
•Anda tak enak badan, demam, atau menggigil.
•Tali spiral Anda hilang, lebih pendek, atau lebih panjang dari baisanya.
•Ketika berhubungan seks, pasangan Anda bisa merasakan adanya spiral (bukan hanyatalinya saja).
Bila Anda ingin menghentikan pemakaian spiral:
Segera kunjungi pekerja kesehatan yang memasangnya, atau yang terlatih.
Jangan coba-cobamencopot spiral sendiri di rumah.
Segere sesudah spiral di lepas, Anda sudah bisa hamil lagi.


Metoda-metoda KB alamiah
Yang dimaksud dengan istilah ‘alamiah’ di sini adalah metoda-metoda yang
tidak
membutuhkan
alat
ataupun
bahan kimia (
yang menjadi ciri khas metode perintang) juga tidak memerlukan
obat-obatan
(sebagaimana ciri metoda hormonal).Ada 3 metoda KB alami :
•Memberi ASI selama 6 bulan pertama.
•Metoda pengecekan lender.
•Metoda pengamatan irama.
PENTING !
Semua metoda KB alamiah TIDAK melindungi Anda dari penyakit yang menular lewat hubungan seks, termasuk HIV/AIDS. Metoda-metoda di bawah ini HANYA mencegahkehamilan saja. Usaha melindungi diri dari penularan penyakit, Anda masih harusmemakai metoda perintang.
Memberi ASI selama 6 bulan pertama sesudah persalinan
Dengan kondisi-kondisi tertentu, sekadar menyusui bayi pun bisa mencegah indung telur melepas sel telur ke dalam rahim. Metoda ini sepenunya gratis alias tak makan biaya apa-apa.Tetapi
puncak daya gunanya hanya 6 bulan pertama
sesudah kelahiran bayi Anda.
Metoda pengecekan lender atau irama
Agar bisa memakai metoda-metoda ini, Anda harus mengerti kapan masa subur Anda selamasiklus bulanan. Kadang metoda-metoda ini disebut juga “kesadaran tentang kesubura.
Kemudian, agar tidak terjadi kehamilan yang tak diinginkan, Anda
dan pasangan Anda
harusbersedia berpantang hubungan seks – atau memakai metoda perintang (kondom, dsb.) selamahari-hari subur Anda itu.Tidak ada pengeluaran biaya dan tidak ada efek sampingnya. Karena itu Anda bisa memakainyadengan aman kapan saja bila Anda tak berhasil dengan metoda lain (misalnya efek sampingnyaterlalu merepotkan), atau bila tak ada alat KB.Agar lebih efektif, Anda
dan pasangan Anda
harus bersam-sama mengunjungi seorang pekerjakesehatan khusus untuk belajar tentang seluk beluk tubuh Anda dan kesuburannya. Biasanya,sebelum melaksanakan metoda-metoda ini secara sukses, kalian perlu
latihan
selama 3 – 6bulan.Metoda ini gagal bila

Anda tidak atau hanya sedikit memegang kendali dalam pengambilan keputusan tentang
kapan
berhubungan seks. Selama hari-hari subur,
pasangan Anda harus bersediamenunggu
atau menunda hubungan seks. Bila tidak, ia
harus memakai kondom
atauAnda memakai metoda perintang lainnya.

•Tanda-tanda kesuburan Anda berubah-ubah dari bulan kebulan. Kalau begini Andatakkan bisa tau pasti kapan Anda subur.
•Anda habis bersalin atau keguguran. Saat itu sulit sekali mengetahui apakah Andasedang subur atau tidak.Yang harus diketahui tentang siklus kesuburan perempuan:
•Seorang perempuan mengeluarkan 1 sel telur tiap bulan.
•Sel telur itu dilepas oleh indung telur sekitar 14 hari sebelum haid bulan berikutnya.
•Sel telur hidup selama sekitar 24 jam (sehari – semalam) sesudah dilepaskan.
•Sperma lelaki (yang akan membuahi sel telur hingga menjadi janin) bisa hidup selama 2hari
di dalam tubuh perempuan.

Metoda pengecekan lendir 
 Perhatikan baik-baik lendir (cairan) dari vagina Anda. Pada hari-hari subur, tubuh Andamenghasilkan lendir untuk membantu sperma memasuki rahim.
Periksalah lendir setiap hari
untuk mengetahui apakah hari itu Anda subur atau tidak. Hindari hubungan seks pada saat subur.
Metoda pengecekan irama
Y
ang dimaksud di sini adalah mengetahui kapan hari-hari subur Anda dengan cara menghitunghari-hari dalam siklus bulanan.Anda tidak bisa mengandalkan metoda ini bila :
•Anda sedang menyusui dan belum mendapat haid lagi.
•Anda baru saja hamil dan haid belum teratur.Tiap masyarakat punya metoda-metoda pencegahan kehamilan khas-nya sendiri, yangditurunkan dari nenek moyang. Meski jarang seefektif metoda KB modern, banyak juga yangberhasil. Yang harus Anda ingat adalah, ada metoda-metoda tradisional yang
tidak membawahasil sama sekali,
dan ada yang malah
membahayakan Anda.Metoda-metoda tradisional yang manjur 
Ada 2 metoda yang umumnya manjur untuk mencegah kehamilan :
Menarik keluar penis sebelum ejakulasi.
Dalam bahasa ilmiah ini dinamakan
coitus interruptus
atau ‘sanggama terputus’.

Caranya, lelaki segera menarik keluar penisnya, mejauhi vagina, ketika ia merasa sudah akanmengeluarkan air mani. Sayangnya metoda ini tidak selalu berhasil baik.Kadang lelaki tak sempat menarik kelaur penisnya sebelum ejakulasi (ia tak cukup cepatmelakukannya).Kalaupun ia sudah menariknya tepat pada waktunya, tetap saja ada kemungkinan cairan air mani(yang mengandung sperma) bisa sempat meleleh ke dalam vagina
sebelum ejakulasi
terjadi.Jika begini, tetap saja perempuan bisa hamil.
Memisahkan suami dengan isteri sesudah kelahiran bayi 
Adat beberapa masyarakat menentukan bahwa sesudah bayi lahir, suami isteri di larangberhubungan seks sampai beberapa bulan, bahkan beberapa tahun lamanya. Ini bisa berhasilbaik; lagipula sang ibi punya waktu untuk memulihkan kondisi kesehatannya sendiri sertamerawat bayi tanpa gangguan.
Metoda-metoda tradisional yang tak manjur, atau justru berbahaya bagi Anda
Diantaranya :
•Jimat-jimat atau mantera-mantera tidak akan bisa mencegah kehamilan
•Jamu-jamu dari rerumputan, dedaunan, Lumpur, atau bahan-bahan alamiah lain yangkatanya harus dimasukkan ke dalam vagina. Bukan saja tak berguna malah sangatberbahaya: Anda bisa kena infeksi dan iritasi (luka/lecet)
•Mencuci bagian dalam vagina dengan air jamu atau serbuk tidak akan bisa mencegahkehamilan. Jangan lupa, sperma itu geraknya sangat cepat; percuma saja Andamerendam atau mencuci vagina sesudah hubungan seks karena sperma pasti sudahmelesat masuk ke rahim.
•Segera buang air kecil sesudah berhubungan seks tidak bisa mencegah kehamilan (tidakpula menggelontor sperma keluar). Tapi bisa mencegah iritasi atau infeksi dalam systemurinal Anda, dan sebaiknya Anda lakukan.
sumber:
Where Women Have No Doctor: A Health Guide for Women, 1997. The Hesperian Foundation, Berkeley,California

Sterilisasi
Yang dimaksud ‘sterilisasi’ adalah operasi pada tubuh perempuan atau laki-laki agar ‘steril’ atautak mampua lagi ‘membuat’ anak. Kemungkinan terjadi kehamilan sesudah steriliasi hamper nol.Karena itu, pikirkan matang-matang sebelum memilih metoda ini. Anda harus yakin betul bahwaAnda sudah tak ingin punya anak lagi di masa mendatang.Meski harus menjalani operasi, ini bukan operasi besar seperti yang lain-lain. Operasi initergolong ringan, cepat, dan tak menimbulkan efek samping apa pun. Bila Anda berminat,hubungi rumah sakit yang lengkap

Anda tidak atau hanya sedikit memegang kendali dalam pengambilan keputusan tentang
kapan
berhubungan seks. Selama hari-hari subur,
pasangan Anda harus bersediamenunggu
atau menunda hubungan seks. Bila tidak, ia
harus memakai kondom
atauAnda memakai metoda perintang lainnya.

•Tanda-tanda kesuburan Anda berubah-ubah dari bulan kebulan. Kalau begini Andatakkan bisa tau pasti kapan Anda subur.
•Anda habis bersalin atau keguguran. Saat itu sulit sekali mengetahui apakah Andasedang subur atau tidak.Yang harus diketahui tentang siklus kesuburan perempuan:
•Seorang perempuan mengeluarkan 1 sel telur tiap bulan.
•Sel telur itu dilepas oleh indung telur sekitar 14 hari sebelum haid bulan berikutnya.
•Sel telur hidup selama sekitar 24 jam (sehari – semalam) sesudah dilepaskan.
•Sperma lelaki (yang akan membuahi sel telur hingga menjadi janin) bisa hidup selama 2hari
di dalam tubuh perempuan.

Metoda pengecekan lendir 
 Perhatikan baik-baik lendir (cairan) dari vagina Anda. Pada hari-hari subur, tubuh Andamenghasilkan lendir untuk membantu sperma memasuki rahim.
Periksalah lendir setiap hari
untuk mengetahui apakah hari itu Anda subur atau tidak. Hindari hubungan seks pada saat subur.
Metoda pengecekan irama
Y
ang dimaksud di sini adalah mengetahui kapan hari-hari subur Anda dengan cara menghitunghari-hari dalam siklus bulanan.Anda tidak bisa mengandalkan metoda ini bila :
•Anda sedang menyusui dan belum mendapat haid lagi.
•Anda baru saja hamil dan haid belum teratur.Tiap masyarakat punya metoda-metoda pencegahan kehamilan khas-nya sendiri, yangditurunkan dari nenek moyang. Meski jarang seefektif metoda KB modern, banyak juga yangberhasil. Yang harus Anda ingat adalah, ada metoda-metoda tradisional yang
tidak membawahasil sama sekali,
dan ada yang malah
membahayakan Anda.Metoda-metoda tradisional yang manjur 
Ada 2 metoda yang umumnya manjur untuk mencegah kehamilan :
Menarik keluar penis sebelum ejakulasi. Dalam bahasa ilmiah ini dinamakan coitus interruptus
atau ‘sanggama terputus’.
 Caranya, lelaki segera menarik keluar penisnya, mejauhi vagina, ketika ia merasa sudah akanmengeluarkan air mani. Sayangnya metoda ini tidak selalu berhasil baik.Kadang lelaki tak sempat menarik kelaur penisnya sebelum ejakulasi (ia tak cukup cepatmelakukannya).Kalaupun ia sudah menariknya tepat pada waktunya, tetap saja ada kemungkinan cairan air mani(yang mengandung sperma) bisa sempat meleleh ke dalam vagina
sebelum ejakulasi terjadi.Jika begini, tetap saja perempuan bisa hamil. Memisahkan suami dengan isteri sesudah kelahiran bayi  Adat beberapa masyarakat menentukan bahwa sesudah bayi lahir, suami isteri di larangberhubungan seks sampai beberapa bulan, bahkan beberapa tahun lamanya. Ini bisa berhasilbaik; lagipula sang ibi punya waktu untuk memulihkan kondisi kesehatannya sendiri sertamerawat bayi tanpa gangguan.
Metoda-metoda tradisional yang tak manjur, atau justru berbahaya bagi Anda
Diantaranya :
•Jimat-jimat atau mantera-mantera tidak akan bisa mencegah kehamilan
•Jamu-jamu dari rerumputan, dedaunan, Lumpur, atau bahan-bahan alamiah lain yangkatanya harus dimasukkan ke dalam vagina. Bukan saja tak berguna malah sangatberbahaya: Anda bisa kena infeksi dan iritasi (luka/lecet)
•Mencuci bagian dalam vagina dengan air jamu atau serbuk tidak akan bisa mencegahkehamilan. Jangan lupa, sperma itu geraknya sangat cepat; percuma saja Andamerendam atau mencuci vagina sesudah hubungan seks karena sperma pasti sudahmelesat masuk ke rahim.
•Segera buang air kecil sesudah berhubungan seks tidak bisa mencegah kehamilan (tidakpula menggelontor sperma keluar). Tapi bisa mencegah iritasi atau infeksi dalam systemurinal Anda, dan sebaiknya Anda lakukan.
sumber:
Where Women Have No Doctor: A Health Guide for Women, 1997. The Hesperian Foundation, Berkeley,California

Sterilisasi
Yang dimaksud ‘sterilisasi’ adalah operasi pada tubuh perempuan atau laki-laki agar ‘steril’ atautak mampua lagi ‘membuat’ anak. Kemungkinan terjadi kehamilan sesudah steriliasi hamper nol.Karena itu, pikirkan matang-matang sebelum memilih metoda ini. Anda harus yakin betul bahwaAnda sudah tak ingin punya anak lagi di masa mendatang.Meski harus menjalani operasi, ini bukan operasi besar seperti yang lain-lain. Operasi initergolong ringan, cepat, dan tak menimbulkan efek samping apa pun. Bila Anda berminat,hubungi rumah sakit yang lengkap

Vasektomi: sterilisasi untuk laki-laki 
Vasektomi adalah operasi sederhana untuk memotong saluran pembawa sperma darikantongnya (zakar) ke penis.
 Yang dipotong BUKAN buah zakar dan BUKAN batang penis.
Operasi ini cukup gampang dilakukan sehinggapekerja kesehatan terlatih di mana saja bisamelakukannya (tak harus dokter bedah). Dan hanya memakan waktu beberapa menit saja.Vasektomi tidak menyebabkan lelaki impotent.
Juga tidak mengurangi kenikmatan seksual sewaktu berhubungan seks. Bahkan sesudah operasi itu ia
masih akan berejakulasi ataumengeluarkan air mani. Hanya saja, kini air maninya tidak lagi mengandung sperma.Sesudah operasi, sperma masih ada dalam air mani, jadi ia harus ejakulasi 20 kali sebelumsemua sperma habis. Selama itu digunakan alat KB yang biasa (kondom atau lainnya).
Sterilisasi untuk perempuan
Operasi ini agak lebih sulit ketimbang vasektomi, tetapi masih sangat aman untuk siapa saja.Kira-kira butuh waktu setengah jam (30 menit) untuk melakukannya.Caranya, dibuat dua irisan kecil saja di bagian bawah perut perempuan, lalu saluran telurnyadiikat atau dipotong supaya sel telur tak bisa menuju ke rahim.Sama seperti vasektomi, operasi inipun
tidak akan mempengaruhi kemampuan seksualperempuan,
dan
tidak mengurangi kenikmatan seksual.PENTING!
terilisasi TIDAK melindungi Anda dari penularan penyakit lewat hubungan seks, termasuk HIV/AIDS. Jadi Anda masih harus memikirkan cara perlindungan itu; misalnya denganmemakai metoda perintang (kondom, dsb.)

Metoda-metoda darurat adalah cara-cara menghindari kehamilan
setelah terlanjur berhubunganseks tanpa pelindung. Metoda-metoda ini mengupayakan agar sel telur yang
telah dibuahi olehsperma jangan menempel ke dinding rahim dan berkembang menjadi janin.Jadi, metoda-metoda darurattidak dianjurkan untuk Anda pilih, dalam keadaan apapun.Metoda-metoda ini hanya untuk keperluan mendesak dan jangan dijadikan acuan kebiasaan. Lagipula, metoda-metoda ini hanya berhasil bila dilakukanseketika atau secepat mungkin setelah selesai berhunungan seks.

Pil KB darurat
 Pil darurat sama dengan pil KB terpadu (kombinasi estrogen+progestin) yang biasa di minumsehari-hari. Hanya saja dalam kondisi mendesak, Anda harus meminum
dosis yang lebih tinggi
ketimbang biasanya selama beberapa waktu.Untuk mencegah kehamilan akibat hubungan seks yang tanpa pelindung, minumlah pil KBterpadu selama 3 hari (72 jam)
setelah
berhubungan seks.
Pil ini TIDAK akan manjur kalauAnda sudah terlanjur hamil akibat hubungan seks LEBIH DARI 3 hari yang lalu.

Setelah minum pil darurat, sebaiknya Anda selalu memakai alat pencegah kehamilan bilaberhubungan seks, atau jangan dulu melakukannya, sampai haid Anda datang lagi. Sesudahhaid usai, gunakan metoda lain.Seharusnya haid Anda akan datang sekitar 
2 minggu
setelah minum pil-pil darurat itu. Kalautidak, mungkin sekali Anda sudah terlanjur hamil. Bila belum yakin, terus gunakan metodaperintang sampai Anda sudah memeriksakan diri kepekerja kesehatan.
Metoda-metoda KB darurat lainnya

Pil progestin (pil ‘mini’)
Karena tidak mengandung estrogen, pil ini tidak terlalu menggelitik Anda untuk mual dan muntah.Tapi hanya manjur bila diminum paling lambat 48 jam (2 hari) sesudah berhubungan seks.Kurang lebih dosis : 20 butir, lalu 12 jam kemudian minum lagi 20 butir.
Mifepristone Pil ini disebut juga RU 486 atau ‘ pil Prancis’.
Dibanding pil-pil lain, paling ringan efeksampingnya (mual/muntah).Kurang lebih dosis : 600 miligram diminum selambat-lambatnya 3 hari sesudah berhubunganseks. Minum 1 kali saja.
Spiral
Spiral atau IUD juga bisa mencegah penempelan sel telur yang sudah terlanjur dibuahi kedinding rahim.Kurang lebih spiral harus dipasangkan oleh pekerja kesehatan terlatih selambat-lambatnya 5 harisesudah hubungan seks. Spiral ini bisa dibiarkan saja di tempatnya, dan akan melindungi Andadari kehamilan sampai (paling lama) sepuluh tahun.
 Kurang lebih jangan pasang spiral kalau Anda berisiko mengidap apa saja yang menular lewat hubungan seks.Pilihlah metoda KB yang paling tepat buat Anda
Kini Anda telah hampir tamat membaca bab tentang KB. Bila masih ada keraguan ataupertanyaan yang belum terjawab barangkali table di bawah ini akan membantu Anda mengambilkeputusan – kami akan menjabarkan kembali satu demi satu metoda dengan keterangan-keterangan yang berguna.

Konsumen KB
Konsumen KB adalah individu yang melakukan perencanaan keluarga dengan menggunakanalat kontrasepsi modern dan alamiah.


BAB III
ISI


KEBIJAKAN PENDUDUKAN DI INDONESIA

Kebijakan penduduk dibedakan antara:

1.Kebijakan yang mempegaruhi variabel-variabel kependudukan
Contoh: program KB.

2.Kebijakan yang menanggapi perubahan-perubahan dalam bidangkependudukan.
Contoh: pembukaan lapangan kerja baru seluas-luasnya.

Kebijakan yang mempegaruhi variabel-variabelkependudukandapatbersifat:
-Langsung
Contoh: pelayanan KB yang secara langsung mempengaruhi besarnyapenduduk dengan tujuan menurunkan kelahiran.
-Tidak langsung
Contoh: membatasi pemberian tunjangan beras bagi para pegawaidimana tunjangan hanya diberikan untuk pegawai yang bersangkutan,pasangannya,dan untuk maksimum 3 orang anak kandung

Konsep Dasar Kependudukan dan Permasalahannya di Indonesia
Ilmu yang berkutat pada permasalahan kependudukan kerap disebut dengan demografi. Demografi berasal dari bahasa latin “Demos” yang berarti penduduk, dan “Grafein” yang berarti menulis. Sehingga secara harfiah demografi dapat diartikan sebagai tulisan tentang kependudukan. Sebagai ilmu, demografi mempelajari tentang natalitas (kematian), mortalitas (kematian) dan migrasi (perpindahan penduduk). Penduduk sendiri merupakan sekumpulan manusia yang hidup dalam suatu wilayah negara tertentu, dengan berbagai kondisi mereka dan kian berkembang.
Manusia sebagai insan individu dan sosial berkarakter dinamis. Peningkatan pelayananan publik selayaknya bertumpu pada kondisi kehidupan individu dan masyarakat. Sebagaimana prinsip pertama pembangunan berkelanjutan: “Manusia (penduduk) merupakan pusat perhatian pembangunan berkelanjutan, dan dikehendaki agat memiliki kehidupan yang sehat dan produktif dalam keserasian dengan alam” (The UN Conference of Environment and
Development, 1992). Salah satu cara untuk mencapai sasaran itu adalah melalui kebijakan kependudukan. Di Indonesia sendiri karakteristik yang menonjol dari masalah kependudukan adalah:
a. Jumlah penduduk yang besar;
b. Pertambahan penduduk yang tinggi;
c. Persebaran yang tidak merata;
d. Komposisi penduduk yang muda.

Permasalahan yang muncul pada konsep pembangunan berkelanjutan akibat permasahan kependudukan tersebut antara lain:
a. Hasil pembangunan habis termakan penduduk yang besar;
b. Pembangunan tidak maksimal karen persebaran yang tidak merata dengan penduduk yang rendah;
c. Penyediaan lapangan kerja & penduduk yang besar;

Hukum Kependudukan
Dalam upaya pengelolaan masalah kpendudukan telah dilakukan berbagai pendekatan. Namun, kesadaran yang menghubungkan hukum dengan masalah kependudukan (Law and Population) baru berkembang pada tahun 1960-an. Beberapa persetujuan yang turut andil dalam perkembangan keduanya yakni:
a. Deklarasi tentang kependudukan (Declaration on Population) yang ditandatangani 30 negara 1966 & 1967 (termasuk Indonesia);
b. Konperensi Internasional PBB tentang HAM (UN International Conference on Human Rights) di Teheran, 1968;
c. Deklarasi PBB tentang Kemajuan & Perkembangan Sosial (UN Declaration on Social Progress & Development), 1969;
d. Konverensi Kependudukan Sedunia (World Population Conference) di Bukares, 1974.

Pengakuan bahwa Keluarga Berencana adalah merupakan HAM menimbulkan kewajiban bagi negara agar peraturan hukum yang bertentangan diubah & diganti. Hal ini yang menjadi dasar pendekatan hukum dalam program kependudukan yang menghasilkan perkembangan antara lain:
1. Kelompok peraturan yang berhubungan dengan kependudukan, yaitu tentang kontrasepsi, aborsi dsb;
2. Kelompok peraturan yang berhubungang tidak langsung dengan kependudukan & menyangkut faktor sosial, yaitu tentang perkawinan, penduduk, hak anak, waris kedudukan wanita dsb;
3. Kelompok peraturan yang berhubungan tidak langsung dengan kependudukan & menyangkut faktor ekonomi, yaitu tentang: tunjangan anak, cuti hamil, pajak, bantuan bersalin, jaminan sosial dll.



Dari hasil kajian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa tidak semua peraturan ditujukan pada motif mempengaruhi fertilitas rendah atau mengarah pada perilaku reproduksi sehat. Namun, turut mengarah pada kesehatan individu guna mengurangi angka kematian walaupun belum begitu pesat berkembang.

Fungsi Hukum dalam Masalah Kependudukan
Fungsi Hukum dalam hal ini sebagai social control, hukum bertugas sebagai sarana mempertahankan pola kehidupan yang melembg atau menjaga tertib yang ada. Disini hukum mengendalikan warga agar bertindak sebagaimana hukum menghendaki/mengatur & mempertahankan pola perilaku yang dikehendaki. Sebagai social engineering, Hukum bertugas sebagai sarana guna menciptakan perubahan dalam masyarakat. Disini hukum sebagai pencipta perubah nilai-nilai sosial yang tidak mendukung kebijakan kependuduk kearah nilai-nilai baru yang dianggap lebih baik

Dua macam kebijakan kependudukan yang paling terkenal yakni kebijakan penduduk kualitatif dan kuantitatif. Kebijakan kependudukan kuantitatif dapat dibagi dua yaitu prenatalis dan anti natalis. Kedua kebijakan ini mengatur jumlah penduduk yang bekerja melalui fertilitas. Masih ada kebijakan kuantitatif yang berkaitan dengan mortalitas. Ada beberapa jalan yang dapat ditempuh untuk mengatur kebijakan kualitatif dan kuantitatif penduduk: mengizinkan/tidak mengizinkan alat kontrasepsi dan alat pengguguran, modifikasi pendapat dan sikap terhadap reproduksi, memperbaiki kondisi yang mempenggaruhi kesehatan, menghalangi migrasi.

Menurut Jacques Deublet , terdapat pembagian kebijakan kependudukan, yakni:
1. Hukum yang sebagian atau seluruhnya ditentukan penduduk. Ini meliputi peratutan-peraturan yang dibuat untuk menanggulangi problema yang terjadi karena tindak laju dan ciri demografi. Sebab ini dapat mempengaruhi peraturan-peraturan dalam hubungannya dengan perlindungan orang-orang tua, hak-hak istimewa orang-orang asing dan kelompok minoritas lainnya.
2. Hukum yang mempunyai pengaruhi tidak langsung terhadap penduduk. Ini meliputi peraturan-peraturan mengenai perkawinan dan keluarga, peraturan tentang susunan ekonomi dan masyarakat. Secara tidak langsung kebijakan pemerintah adalah membuat umur minimum pada waktu menikah, bantuan ekonomis bagi keluarga, berkewajiban si bapak untuk memberi tunjangan pada keluarganya, pemberian warisan, dll.
3. Hukum yang mempunyai pengaruh langsung terhadap penduduk. Ini meliputi peraturan yang dibuat untuk mengurangi mortalitas dan melindungi keselamatan masyarakat, dan peraturan untuk pengawasan nartalitas. Peraturan pertama yakni meliputi bidang sanitasi, pengobatan, pencegahan, pengendalian penyakit menular. Peraturan kedua yakni meliputi praktek-praktek kontrasepsi dan pengguguran demi mengendalikan angka nartalitas. Peraturan ini mencakup kewajiban menikah, memberikan kebebasan kepada militer dan memberikan hak istimewa kepada ayah dan keluarga besar.
Menurut Said Rusli, kebijakan kependudukan terdiri atas tipe yang dibentuk langsung/tidak langsung, eksplisit/implisit, domestik/internasional dan kebijakan intervensi/non intervensi. Kebijakan langsung akan mempengaruhi variabel kependudukan secara langsung. Kebijakan eksplisit dibedakan dengan kebijkaan implisit dalam hal bahwa kebijakan eksplisit dirumuskan dan dinyatakan secara jelas maksut pemerintah untuk mempengaruhi variabel kependudukan.

Kebijakan domestik berhubungan erat dengan usaha mempengaruhi segala peristiwa kependudukan negeri sendiri, sedangkan kebijakan internasional merupakan sikap resmi yang dianut oleh suatu negeri dalam usahanya untuk mempengaruhi perkembangan penduduk dunia secara keseluruhan atau wilayah negara tertentu. Berbeda dengan kebijakan non intervensi, kebijakan interversi merupakan tindakan mengkombinasikan berbagai cara untuk mempengaruhi baik variabel demografi maupun faktor ekonomi, sosial, politik dan teknologi.

Kesehatan dan Mortalitas
Secara umum dapat dimengerti bahwa kependudukan dan kesehatan saling berkaitan. Variabel-variabel kependudukan, misalnya tingkat kelahiran (nartality), dan kematian (mortality) mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kondisi kesehatan penduduk. Pengalaman kita selama ini menunjukkan tingkat signifikannya hubungan di antara keduanya, terlebih pada tingkat kematian pada kondisi tidak sehat pada individu.

Tindakan pemerintah untuk meningkatkan mutu kesehatan penduduk secara eksplisit dan langsung berhubungan dengan upaya menekan tingkat kematian dan morbiditas (tingkat ketersakitan). Hal itu secara tidak langsung berhubungan pula dengan upaya mengendalikan tingkat kelahiran. Di belakang tingkat kematian, morbiditas, dan kelahiran pendudukan terdapat variabel-variabel lain yang saling berhubungan dan mempengaruhi. Maka kebijakan kependudukan di bidang kesehatan harus memperhatikan dan memperhitungkan keberadaannya. Pengaturan mengenai penurunan angka kematian telah dituangkan dengan jelas pada pasal 30-32 Undang-Undang 52 tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Pada regulasi tersebut diwajibkan bagi pemerintah guna menciptakan kebijakan publik yang menekan dan mengurangi angka kematian dengan bantuan pemerintah derah dan partisipasi aktif masyarakat.

Kebijakan publik adalah komitmen politik pemerintah berlandaskan hukum, dan dilaksanakan dengan memperhatikan aspek sosiologis. Pemikiran hukum dalam arti jurispruden memfokuskan kebijakan publik sebagai aturan. Aturan ini merupakan produk yang terkodifikasi. Proses hukum berlangsung ditata dan diatur oleh logika sistem hukum, dan dilihat sebagai sesuatu yang mekanis. Kebijakan publik sebagai produk hukum menggambarkan harapan, dan merupakan suatu keharusan yang harus dilaksanakan. Secara sosiologis pelaksanaan kebijakan publik harus diperhatikan struktur sosialnya yang selalu berubah. Oleh sebab itu kebijakan publik juga perlu mementingkan perhatiannya pada adanya keragaman, keunikan di masyarakat (Black, 1976; dan Milovanovich, 1994).

Model pemikiran hukum dan sosiologis tentang kebijakan publik merupakan pemahaman terhadap realitas sosial, dimana pembuatan, pemberlakuan dan pelaksanaan kebijakan publik harus mendasarkan dan mempertimbangkan pemikiran-pemikiran tersebut. Hal itu dilakukan agar tujuan utama dari kebijakan tersebut dapat dicapai secara optimal. Kependudukan merupakan aspek penting dalam pembangunan, sebagai dasar pelaksanaan, sekaligus tujuan (sasaran) dan pengguna hasil-hasil yang dicapai. Sebagai dasar pelaksanaan terkait dengan dasar kebijakan pembangunan. Dinamika kependudukan berpengaruh pada hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Ukuran tingkat dinamikanya digunakan penanda atau indikator yang terukur yang bisa dibaca, digunakan, dibanding bagi kepentingan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pembangunan, misalnya: tingkat pertumbuhan pendudukan, tingkat kelahiran, kematian, tingkat (angka) kematian bayi, angka harapan hidup, tingkat kematian ibu dan sebagainya. Ketersediaan indikator kependudukan, tingkat pemahaman konseptual, terutama penggunaanya oleh pihak-pihak penyusunan dan pengelola pembangunan (contohnya: di bidang kesehatan) sangat berarti bagi rumusan kebijakan dan pelaksanaannya.

Evaluasi dari kebijakan publik guna mengatasi masalah kependudukan dalam ranah hukum sebenarnya telah sering terdengar, perubahan dasar hukum kependudukan dari Undang-undang Nomor 10 Tahun 1992 menjadi Undang-Undang 52 tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga pun menjadi bukti perubahan kebijaksanaan dalam sisi hukum. Beberapa faktor yang mempengaruhi dan yang perlu disoroti yakni :
1. Visi dan arah dari pembangunan kependudukan perlu diperjelas. Sebelum ini arah kebijakan dan program-program kependudukan lebih banyak porsinya pada target kuantitatif, sehingga seolah merupakan harga mati untuk mencapat angka yang ditargetkan, hal ini berimbas pada pelasanaan di lapangan yang kurang down to earth dan simpatik pada sasaran program (masyarakat), kini arahnya seharusnya dirubah dari target kuantitatif menjadi target kualitatif (penduduk yang berkualitas),
2. Penduduk yang menjadi sasaran program seringkali tidak tahu kemana kebijakan yang membawa mereka berarah, pasalnya informasi dan transparansi publik dalam hal kependudukan kurang bisa diakses oleh kebanyakan orang, hanya terbatas pada pemerintah, akademisi dan lembaga swadaya masyarakat saja. Apabila sanggup pun, data yang disajikan tidak begitu dan berkualitas, Badan Pusat Statistik yang kualitasnya dipercaya pun hanya mampu memberikan data dalam kala waktu tertentu, oleh karenanya, lembaga pemerintah seperti BKKBN seharusnya lebih mampu meningkatkan kualitas informasinya,
3. Perlunya reformasi birokrasi dalam hal kependudukan, sebelumnya banyak program dari lembaga pemerintah yang bergerak dalam ranah yang sama, hal ini kontan membuar masyarakat bingung. Badan seperti Bappenas, BKKBN, dan beberapa departemen lain seharusnya membuat program yang tidak tumpang tindih sehingga dapat berjalan efektif,
4. Perlunya keserasian kerja antara daerah dan pusat, tidak hanya itu, hal ini juga dituntut efektif pada tingkat pemerintah desa dan daerah. Hal ini dimaksudkan agar program-program yang secara filosofis telah sempurn pada tingkat pusat, dapat dihantarkan dengan baik pada tingkat pemerintah daerah dan pemerintah desa tanpa ada reduksi,
5. Perhatian terhadap isu lama yang belum terselesaikan seharusnya lebih diutamakan, seperti isu perempuan, penduduk usia lanjut, penduduk miskin, dsb. Tentunya hal tersebut menjadi faktor penting mortalitas.

Khusus mengenai mortalitas, hal yang dipahami sejak awal yakni penurunan angka mortalitas dengan berbagai caranya merupakan suatu hak asasi manusia, artinya, usaha penurunan angka tersebut merupakan arahan kebijakan publik yang sesungguhnya disamping usaha penekanan jumlah penduduk. Diharapkan tidak saja fokus pada penekanan jumlah penduduk, namun tidak memperhatikan tingkat kematian penduduk, pemerintah harus menyediakan program yang menjamin hak-hak tersebut, antara lain dengan jaminan kesehatan hingga ke pelosok daerah, penyediaan informasi demografi dan kesehatan yang memadai dan mudah diakses, serta pelayanan pascapenanganan. Usaha-usaha tersebut diharapkan mampu menjadi penurun angka kematian penduduk di Indonesia.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar