Selasa, 15 Januari 2013

hubungan antara kesehatan pribadi dan kesehatan masyarakat

Nama : khoirul anisa
Tugas : Pengorganisasian dan pemberdayaan masyarakat
Prodi : IKM  tingkat II

HUBUNGAN ANTARA KESEHATAN PRIBADI DAN
KESEHATAN MASYARAKAT

A.     Pengertian
Hubungan antara kesehatan pribadi dan kesehatan masyarakat adalah hubungan yang sangat saling menguntungkan, karena sama-sama saling membutuhkan.

B.     Manfaat bagi Kesehatan Pribadi
Manfaat bagi kesehatan pribadi karena masyarakat yang sehat adalah :
1.      Pemberian tempat yang nyaman bagi setiap individu
2.      Pemberian zat-zat yang diperlukan tubuh
3.      Penyediaan bahan-bahan yang diperlukan manusia
4.      nyamanya lingkungan yang bersih
C.     Manfaat bagi Kesehatan Masyarakat
Manfaat bagi kesehatan masyarakat karena pribadi yang sehat adalah :
1.      Pribadi yang sehat akan berfikir positif untuk memperbaiki lingkungan dimasyarakat
2.      Pribadi yang sehat akan berfikir kreatif agar lingkungan dimasyarakat bersih dan sehat
            Untuk mewujudkan Negara yang lebih baik melalui kepemilikan generasi terbaik, kesehatan masyarakat perlu menjadi prioritas. Dengan mengaplikasikan kesehatan ini, akan muncul generasi sehat yang mampu memberikan kontribusi optimalnya dalam membangun Negara ini. Jiwa yang sehat secara fisik dan batin diharapkan memiliki kemampuan untuk berkontribusi dengan baik dan nyaman dalam berbagi ide dan pemikiran mereka ke dalam bentuk nyata sesuai aspek dan bidang yang ditekuni masing-masing bagi masa depan yang lebih baik. Kesehatan masyarakat sendiri mencakup banyak hal, baik misalnya dari kesehatan keluarga, reproduksi, hingga kesehatan kejiwaan. Kesemua ilmu dan keterampilan mengenai kesehatan tersebut dibahas dan dipelajari demi terwujudnya kesehatan yang lebih baik dan komprehensif bagi masyarakat.
            Kesehatan keluarga merupakan bagian dari kesehatan masyarakat yang perlu diperhatikan dan dipelajari oleh masyarakat. Mengingat keluarga adalah bagain terkecil dari masyarakat, kebutuhan akan terciptanya keluarga yang sehat menjadi juga pertimbangan mengapa masyarakat perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melindungi kesehatan keluarga. Dengan adanya ilmu ini, diharapkan keluarga setidaknya mampu memberikan pertolongan pertama saat ada keluarga lain yang jatuh sakit. Perawatan dan pengobatan yang dilakukan oleh keluarga juga diyakini lebih efektif dalam menyembuhkan pasien. Kesembuhan pasien tidak hanya dipenuhi dengan pengobatan dan perawatan semata namun juga kasih sayang dan perhatian yang ditunjukkan oleh keluarga. Ketika keluarga mampu berkontribusi dalam merawat pasien, maka proses penyembuhan akan berjalan lebih cepat.
            Sementara itu, kesehatan reproduksi menjadi krusial untuk diberikan kepada para wanita, terutama para ibu dan remaja yang memang rentan mengalami hal ini. Kesehatan masyarakat merasa perlu memberikan pengetahuan ilmu reproduksi mengingat masih banyak wanita yang tidak paham pentingnya merawat hal ini. Tidak hanya para wanita di daerah terpencil yang memiliki pengetahuan terbatas mengenai kesehatan reproduksi ini, karena banyak pula wanita kota yang tidak memahami bagaimana peran reproduksi ini. Hal ini lantaran kurangnya media yang memberikan informasi secara menyeluruh dan detail dalam membahas ilmu ini. Disinilah peran kesehatan masyarakat berjalan karena dengan program ini, banyak wanita yang kemudian menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan reproduksi mereka, tidak hanya untuk kesehatan pribadi mereka, namun juga bagi seluruh keluarga secara utuh. Dengan memberikan banyak penyuluhan dan ajang berbagi maupun diskusi, diharapkan para wanita menjadi lebih peka terhadap kesehatan mereka.
            Situasi yang tidak menentu saat ini memungkinkan banyaknya kelainan kejiwaan yang menjadi salah satu prioritas dalam kesehatan masyarakat. Dalam menangani masalah kejiawaan, keluarga masih memiliki dominasi dalam mempercepat penyembuhan. Diperlukan kesabaran dan ketekunan dari pihak keluarga yang salah satu keluarganya memiliki riwayat kejiwaaan. Penerimaan keluarga terhadap pasien kejiwaan mampu mengefektifkan proses penyembuhan karena pasien merasa tidak dkucilkan dan tetap menjadi bagian dari keluarga tersebut.
            Dengan beragam bagian kesehatan yang telah diupayakan dalam kegiatan tersebut, maka dapat disimpulkan permasalahan kesehatan memiliki ruang lingkup kompleks. Oleh karena itulah, kesehatan masyarakat menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat yang berupaya menguraikan dan menjadi solusi dari permasalahan kesehatan kompleks tersebut.
A. Kesehatan pribadi
Kesehatan pribadi adalah segala usaha atau tindakan yang dilakukan setiaporang sehingga kesehatan badan dan rohani akan terpelihara, dan merupakankebutuhan sehari- hari.
. Jadi kesehatan pribadi merupakan usaha atau perilaku manusia untuk menjaga kesehatannya sendiri.

B. KEBERSIHAN PRIBADI
Kebersihan pribadi adalah Ruang Lingkup Kesehatan Pribadi. Pendidikan kesehatan adalah salah satu upaya pendidikan yang diberikan di rumah tangga atau disekolah dengan tujuan meningkatkan taraf kesehatananak- anak ketingkat yang lebih baik. Wawasan mengenai kebersihan, sikap, dan perilaku hidup bersih adalah hasil dari pendidikan, baik yang diterima dirumah tangga, lingkungan sekolah atau dari lingkungan masyarakat.Kebersihan adalah kunci bagi kesehatan, sebagaimana diungkapkan dalam peribahasa ³bersih pangkal sehat.
.   
                Karena itu hendaknya setiap orang selalu berusaha supaya kebersihan pribadi dipelihara dan ditingkatkan. Kebersihan dan kerapian sangat penting dan diperlukan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar